Teknologi Konstruksi Negara Maju yang Jarang Orang Ketahui

by -20 views
teknologi negara maju

Teknologi Konstruksi Negara Maju – Dapat dilihat bahwa teknologi yang berkembang kini dapat memengaruhi berbagai kegiatan di dunia, salah satunya yaitu pada bidang pembangunan infrastruktur. Pembangunan infrastuktur yang banyak dilakukan diberbagai belahan dunia tersebut membuat berbagai teknologi pembangunan atau konstruksi pun semakin dikembangkan. Salah satu teknologi konstruksi yang terbukti telah berhasil membawa kemajuan pada bidang pembangunan adalah teknologi antigempa yang lahir di Negeri Matahari Terbit. Jepang memang menjadi salah satu pelopor lahirnya teknologi konstruksi terbaik yang telah berhasil memajukan bidang pembangunan infrastruktur di negaranya sendiri.

Teknologi Konstruksi Negara Maju

Teknologi Konstruksi Negara Maju

Teknologi ini muncul karena banyaknya musibah gempa yang melanda negara Jepang, hal tersebut membuat para Ilmuwan disana berinisiatif untuk membuat teknologi yang dapat menyelamatkan Jepang dari kehancuran. Belajar dari pengalaman yang ada, Pemerintah Jepang kemudian melakukan berbagai penelitian yang dapat menunjang proses konstruksi dan pembangunan yang akan dilakukan. Salah satu langkah yang diambil yaitu dengan mengganti semua pilar penyangga bangunan yang terbuat dari kayu dengan material yang lebih kuat.

Penelitian akhirnya dilanjutkan pada kemampuan teknologi tahan gempa, sebelum melakukan konstruksi pada bangunan-bangunan besar, Pemerintah selalu mewajibkan pekerja untuk melakukan pengujian pada material yang akan digunakan dengan alat semacam vibrator.

Dalam simulasi teknologi antigempa yang dilakukan dengan guncangan sebesar 5 skala Richter, didapatkan hasil bahwa guncangan yang terjadi pun memiliki dampak berbeda pada bangunan tinggi. Semakin tinggi sebuah bangunan, ditemukan bahwa kondisi kerusakan yang diderita pada saat guncangan pun semakim parah.

Antigema Sebagai Solusi Meredam Getaran yang Dimiliki Oleh Negara Maju

Lebih jauh, Jepang akhirnya berusaha untuk mengembangkan fasilitas uji gempa raksasa. Pada pengujian fasilitas uji gempa ini, Jepang berusaha untuk menciptakan simulasi tiga dimensi yang dapat melihat kekuatan dari konstruksi bangunan bertingkat enam. Dari penelitian yang dilakukan, Jepang kemudian mencoba untuk mencetuskan berbagai metode yang berguna untuk menjaga bangunan-bangunan di negara tersebut tetap stabil saat gempa melanda.

Untuk itu, Jepang kemudian melakukan sebuah percobaan dengan cara menumpukkan suatu bangunan pada sebuah mekanisme peredam getaran. Melalui metode ini juga ternyata Negeri Matahari Terbit telah berhasil menciptakan metode peredam getaran menggunakan sejenis alat yang bekerja menyerupai pendulum. Dengan menggunakan alat tersebut, diharapkan bahwa guncangan yang terjadi pada saat gempa pun dapat diredam dengan baik.

3 thoughts on “Teknologi Konstruksi Negara Maju yang Jarang Orang Ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.